Sekretariat Dewan APRDI
Gd. Artha Graha Lt 31 Jl Jend Sudirman Kav 52-53 Jakarta 12190
T. : +6221 - 5150448 | F. : +6221 - 5150823 | W. : www.waperd.or.id

FAQ Ujian Sertifikasi Elektronik

 

Pertanyaan Umum Seputar Registrasi dan Ujian Sertifikasi Elektronik

 

Pertanyaan: Apa yang terjadi jika penulisan jalan pada alamat profile peserta disingkat menjadi JL. / JLN. ?
Jawaban: Penulisan "jalan" tidak boleh disingkat, karena penulisan jalan tersebut merupakan penyesuaian dari field OJK

 

Pertanyaan: Bagaimana cara penulisan RT/RW sesuai dengan peraturan OJK ?
Jawaban: Penulisan RT/RW sesuai dengan peraturan OJK harus menggunakan 3 digit seperti contoh untuk RT 001 / RW 006 hanya ditulis 001/006 pada form atau kolom RT/RW. Jika dalam KTP tidak tercantum RT/RW harap diisi dengan 000/000.

 

Pertanyaan: Apa yang terjadi jika saya tidak meng-upload foto?
Jawaban: Foto merupakan salah satu dokumen persyaratan dan foto akan digunakan untuk e-certificate Dewan APRDI dan kartu ID. Jika anda tidak meng-upload foto atau document wajib lainnya, maka Dewan APRDI tidak akan mengkonfirmasikan pendaftaran anda sehingga anda tidak dapat mengikuti ujian

 

Pertanyaan: Siapa yang harus meng-upload dokumen wajib ?
Jawaban: Setelah profile dibuat, dokumen dapat di-upload baik oleh APERD maupun Peserta Ujian. Bagi APERD, masuk ke View All Member → Upload Documents dan bagi Peserta Ujian, masuk ke: Upload Document

Sebaiknya APERD berkoodinasi dengan Peserta Ujian mengenai pihak yang akan melakukan up-load dokumen

 

Pertanyaan: Apakah saya boleh meng-upload dokumen sekaligus dengan melakukan scan secara berurutan ?
Jawaban: Tidak boleh. Dokumen harus di-scan satu persatu dan di-upload sesuai dengan nama dan jenis dokumen

 

Pertanyaan: Kapan batas waktu terakhir saya dapat melakukan registrasi (Booking Seat)
Jawaban: Paling lambat adalah 7 hari sebelum tanggal ujian

 

Pertanyaan: Bagaimana saya tahu bahwa booking saya berhasil ?
Jawaban: System akan secara otomatis mengirim 2 email: 1 (satu) email kepada Peserta Ujian dan 1 (satu) email kepada APERD bahwa Pendaftaran Ujian Berhasil

 

Pertanyaan: Setelah pendaftaran dilakukan, apakah dapat dibatalkan ?
Jawaban: Ya, jika pendaftaran belum dikonfirmasikan oleh Dewan APRDI. Jika pendaftaran sudah dikonfirmasikan oleh Dewan APRDI, maka anda harus menghubungi Dewan APRDI untuk membatalkan pendaftaran anda

 

Pertanyaan: Apakah saya boleh merubah password di Website Waperd ?
Jawaban:

Boleh, mengganti password tetapi dapat dirubah sebelum melakukan booking seat atau sesudah ujian Waperd terlaksana

 

Pertanyaan: Bagaimana saya tahu bahwa pendaftaran (Booking Seat) saya ditolak oleh Dewan APRDI ?
Jawaban: Pada saat Dewan APRDI menolak Booking Seat anda, maka system akan secara otomatis mengirim 2 email: 1 (satu) email kepada APERD dan 1 (satu) email kepada Peserta Ujian yang bersangkutan

 

Pertanyaan: Apa saja yang di bawa untuk mengikuti Ujian Waperd ?
Jawaban :

Khusus peserta Waperd yang mengikuti ujian di Jakarta peserta perlu membawa kartu ujian dan 2 tanda pengenal(KTP+tanda pengenal lain), sedangkan yang di luar Jakarta membawa kartu ujian dan KTP

 

Pertanyaan: Kapan hasil ujian dapat dicek ?
Jawaban: Hasil ujian dapat dicek di website 1 (satu) hari setelah hari ujian. Hasil ujian dapat dicek baik oleh APERD maupun Peserta Ujian. Bagi APERD, masuk ke menu View Member Result. Dan bagi Peserta Ujian, masuk ke menu: View Your Test Scores.

 

Pertanyaan: Apakah Dewan APRDI menerbitkan sertifikat kelulusan bagi peserta ujian yang lulus ?
Jawaban:

Ya, Dewan APRDI menerbitkan e-Certificate yang dapat dilihat oleh APERD dan Peserta Ujian yang lulus 1 (satu) hari setelah hari ujian. e-Certificate dapat dilihat oleh APERD maupun Peserta Ujian yang telah lulus dengan login ke website. Bagi APERD, masuk ke menu: View All Member Upload Document Download Sertifikat Waperd. Dan bagi Peserta Ujian yang telah lulus, masuk ke menu: Upload Document Download Sertifikat Waperd

APERD dan Peserta Ujian yang telah lulus juga dapat mem-print e-Certificate di tempat masing-masing dengan masuk ke menu Print E-Certificate

 

Pertanyaan: Jika saya tidak lulus, kapan saya dapat mengulang ujian ?
Jawaban: Ujian dilaksanakan setiap hari kerja, jadi Peserta Ujian yang tidak lulus dapat langsung mendaftar untuk ujian selanjutnya menggunakan profile yang sudah ada.

 

Pertanyaan: Kapan saya bisa mendapatkan no. SK ?
Jawaban: Peserta Ujian yang telah lulus dapat mengurus No SK WAPERD langsung ke OJK dengan menyerahkan dokumen wajib dan bukti pembayaran SIPO

 

Pertanyaan: Jika saya sakit atau berhalangan, apakah saya bisa menukar jadwal ujian saya sebelum hari ujian ?
Jawaban: Jika booking seat anda belum dikonfirmasi oleh Dewan APRDI, maka anda dapat mengganti booking anda dengan meng-cancel dan mendaftar ulang. Jika booking seat anda telah dikonfirmasi oleh Dewan APRDI, maka anda harus menghubungi Dewan APRDI untuk meng-cancel booking anda. Setelah itu, baru anda dapat mendaftar ulang. Harap diperhatikan bahwa “rescheduling” hanya diperbolehkan 1x.

Jika anda sakit atau berhalangan tepat pada hari ujian, rescheduling tidak dapat dilakukan dan ujian anda dianggap hangus

 

Pertanyaan: Apa yang terjadi jika jumlah peserta yang mendaftar di Test Center Surabaya, Semarang, Medan atau Makassar tidak mencapai jumlah minimum 10 (sepuluh) orang?
Jawaban:

Peserta akan dihubungi oleh Dewan APRDI untuk me-reschedule tanggal ujian ke minggu selanjutnya

 

Pertanyaan mengenai Registrasi dan Ujian Sertifikasi Elektronik yang sering ditanya oleh APERD

Pertanyaan: Sebagai APERD, langkah awal apa yang harus saya lakukan sebelum saya dapat mendaftarkan Peserta Ujian untuk mengikuti ujian sertifikasi elektronik?
Jawaban: Semua APERD harus mendaftar terlebih dahulu dan harus dikonfirmasikan oleh Dewan APRDI sebelum APERD dapat menggunakan aplikasi Online Registration. Caranya adalah masuk ke WAPERD/APERD Login Register Here Pendaftaran Institusi. Setelah mendaftar, harap menghubungi Dewan APRDI agar aktivasi dapat segera dilakukan

 

Pertanyaan: Apa yang harus APERD lakukan setelah meng-create profile untuk Peserta Ujian ?
Jawaban: APERD harus memberitahu Peserta Ujian bahwa profile telah dibuat dan menginformasikan mengenai User Name dan Password yang telah di-create. User Name dan Password ini diperlukan oleh Peserta Ujian pada saat login di Test Center untuk menjalankan ujian

 

Pertanyaan Bagaimana jika APERD tidak melakukan pembayaran dan melengkapi dokumen Peserta Ujian
Jawaban :

Jika Aperd tidak melakukan pembayaran dan tidak melegkapi dokumen yang diminta maka 3 hari sebelum hari ujian sistem akan melakukan auto-reject sehingga APERD harus mendaftakan Peserta Ujian kembali

 

Pertanyaan: Bagaimana APERD mengecek hasil ujian ?
Jawaban: APERD dapat mengecek hasil ujian untuk semua Peserta Ujian 1 (satu) hari setelah hari ujian dengan masuk ke menu View Member Result

 

Pertanyaan: Apa yang harus APERD lakukan jika WAPERD pindah institusi ?
Jawaban: APERD harus menghapus keanggotaan/profile WAPERD di menu View All Member pilih nama WAPERD dan pada kolom Action pilih Delete. Kemudian WAPERD yang pindah berkewajiban untuk mengganti field APERD di profile. Setelah itu, WAPERD harus menghubungi APERD yang baru untuk mengaktivasi keanggotaan WAPERD di institusi yang baru. Setelah APERD yang baru mengaktivasi WAPERD yang pindah, maka akses terhadap WAPERD tersebut berpindah dari APERD yang lama ke APERD yang baru.

Jika keanggotaan WAPERD masih aktif diinstitusi yang lama, APERD yang baru harus menghubungi Dewan APRDI untuk mengecek keanggotaan WAPERD tersebut apakah masih aktif diinstitusi yang lama atau sudah menjadi WAPERD Personal. Untuk dipindahkan ke institusi yang baru

 

Pertanyaan: Apa Itu Waperd Personal ?
Jawaban:

Waperd Personal adalah Waperd yang tidak memiliki APERD karena sudah tidak terdaftar sebagai member dari APERD tersebut

 

Pertanyaan:

Apa yang harus APERD lakukan jika WAPERD sudah resign dari institusi ?

Jawaban: APERD harus menghapus atau menonaktifkan keanggotaan WAPERD tersebut di menu View All Member  sesuai dengan SOP yang berlaku dimasing-masing institusi

 

Pertanyaan:

Apakah ada fitur untuk meng-upload data peserta yang jumlahnya banyak sehingga tidak perlu di-isi satu persatu?

Jawaban:

Ya, fitur untuk meng-upload tersedia di website. Caranya, pilih menu “Import Data Waperd (Excel Sheet), kemudian pilih “Import Data Peserta/Waperd Baru”. Format data harus mengikuti contoh yang ada. Perlu diingat bahwa data yang di-import adalah data statik, dokumen-dokumen wajib dalam bentuk jpeg/pdf (misalnya foto, ktp dsb), tetap harus dimasukkan per-peserta

 

Pertanyaan:

Bagaimana jika ingin mencetak ulang kartu Id karena disebabkan pindah institusi, foto salah, nama salah, hilang atau lainnya ?

Jawaban: APERD harus mengisi form cetak ulang kartu Id di menu Permintaan Cetak Ulang Id Card Waperd, kemudian menyerahkan form cetak ulang kartu Id dan bukti pembayaran cetak ulang kartu ID serta menyerahkan kartu ID yang lama ke Dewan APRDI

 

Pertanyaan: Bagaimana cara melaksanakan Ujian On Demand ?
Jawaban:

APERD harus menghubungi Dewan APRDI untuk mengetahui apa saja prosedur yang harus dipersiapkan oleh APERD dan prosedurnya mengacu pada SOP On Demand yang dapat di lihat di Waperd/Aperd  Prosedur Registrasi Ujian Elektronik  Registrasi SOP Ujian On Demand

 

Pertanyaan mengenai Registrasi dan Ujian Sertifikasi Elektronik yang sering ditanya oleh Peserta Ujian

Pertanyaan: Saya adalah calon Peserta Ujian, bagaimana cara saya mendaftar untuk mengikuti ujian sertifikasi elektronik ?
Jawaban: Pertama, anda harus memastikan bahwa institusi (APERD) dimana anda bekerja telah diaktivasi oleh Dewan APRDI. Jika sudah, anda dapat meminta APERD untuk membuatkan profile dan mendaftarkan anda untuk ujian atau anda dapat membuat profile sendiri dengan cara masuk ke WAPERD/APERD Login Register Here Pendaftaran Personal Peserta Baru Setelah mendaftar, harap menghubungi APERD anda agar APERD dapat mengaktivasi profile anda di system

 

Pertanyaan: Bagaimana saya tahu bahwa institusi dimana saya bekerja (APERD) sudah mengaktivasi profile saya ?
Jawaban: Setelah APERD melakukan aktivasi melalui system, maka system secara otomatis akan mengirim email kepada Peserta Ujian bahwa profile telah diaktivasi

 

Pertanyaan: Setelah pembayaran dilakukan dan bukti setor/transfer dan Booking Seat diserahkan ke Dewan APRDI, bagaimana saya tahu bahwa saya berhak mengikuti ujian?
Jawaban: Setelah Dewan APRDI melakukan rekonsiliasi pembayaran, Dewan APRDI akan mengkonfirmasi pendaftaran peserta melalui system. System akan secara otomatis mengirim 2 (dua) email : 1 (satu) email kepada Peserta Ujian dan 1 (satu) email kepada APERD bahwa pendaftaran terlah dikonfirmasi dan Kartu Tanda Masuk Ujian dilampirkan pada email tersebut, Kartu Tanda Masuk Ujian harus di-print dan dibawa pada saat datang untuk ujian

 

Pertanyaan: Apa yang harus saya lakukan jika saya pindah institusi (APERD) ?
Jawaban: Anda harus mengganti field APERD di Profile anda dari APERD yang lama ke APERD yang baru. Setelah itu, anda harus menghubungi APERD yang baru untuk mengaktivasi anda sebagai WAPERD di institusi yang baru, melakukan update email address yang baru. Jika username dan password anda lupa, maka anda harus menghubungi Dewan APRDI untuk mendapatkan username dan password anda.

 

Pertanyaan: Jika saya pindah institusi (APERD), apakah data saya akan hilang ?
Jawaban: Tidak. Data anda sebagai WAPERD tetap ada di website, yang berubah hanya field APERD. APERD yang lama tidak lagi dapat mengakses data anda.

 

 

Login
User Name
Password