Sekretariat Dewan APRDI
Gd. Artha Graha Lt 31 Jl Jend Sudirman Kav 52-53 Jakarta 12190
T. : +6221 - 5150448 | F. : +6221 - 5150823 | W. : www.waperd.or.id

FAQ PPL

Pertanyaan Umum Seputar Registrasi PPL melalui website Dewan APRDI

Pertanyaan: Apa semua registrasi PPL harus melalui website (Online Registration) meskipun PPL dilakukan secara Classroom Training ?
Jawaban: Efektif mulai tgl. 1 Februari 2013, Dewan APRDI mewajibkan semua pendaftaran untuk PPL dilakukan secara online yaitu melalui www.waperd.or.id

 

Pertanyaan: Apa yang terjadi jika saya tidak meng-upload foto?
Jawaban: Foto merupakan salah satu dokumen persyaratan dan foto akan digunakan untuk e-Certificate PPL dari Dewan APRDI dan kartu ID Waperd yang baru. Jika foto atau document wajib lainnya tidak di-upload, maka Dewan APRDI tidak akan mengkonfirmasikan pendaftaran sehingga Waperd tidak dapat mengikuti PPL

 

Pertanyaan: Apakah boleh meng-upload dokumen sekaligus dengan melakukan scan secara berurutan ?
Jawaban: Tidak boleh. Dokumen harus di-scan satu persatu dan di-upload sesuai dengan nama dan jenis dokumen

 

Pertanyaan: Bagaimana saya tahu bahwa booking saya berhasil ?
Jawaban: System akan secara otomatis mengirim 2 email: 1 (satu) email kepada Peserta PPL dan 1 (satu) email kepada APERD bahwa Pendaftaran PPL Berhasil

 

Pertanyaan: Setelah pendaftaran dilakukan, apakah dapat dibatalkan ?
Jawaban: Ya, jika pendaftaran belum dikonfirmasikan oleh Dewan APRDI

Jika pendaftaran sudah dikonfirmasikan oleh Dewan APRDI, maka anda harus menghubungi Dewan APRDI untuk membatalkan pendaftaran anda

 

Pertanyaan: Bagaimana saya tahu bahwa pendaftaran (Booking Seat) ditolak oleh Dewan APRDI ?
Jawaban: Pada saat Dewan APRDI menolak Booking Seat anda, maka system akan secara otomatis mengirim 2 email: 1 (satu) email kepada APERD dan 1 (satu) email kepada Peserta PPL yang bersangkutan

 

Pertanyaan: Kapan e-Certificate PPL dapat diperoleh ?
Jawaban: E-Certificate PPL akan otomatis dihasilkan oleh system pada saat Dewan APRDI mengkonfirmasi kehadiran peserta di PPL.

E-Certificate dapat dilihat melalui menu:

  • Print PPL E-Certificate (Bagi APERD).
  • Upload Document (Bagi Waperd).

 

Pertanyaan: Jika saya sakit atau berhalangan, apakah saya bisa menukar jadwal PPL sebelum hari PPL ?
Jawaban: Jika booking seat anda belum dikonfirmasi oleh Dewan APRDI, maka anda dapat mengganti booking anda dengan meng-cancel dan mendaftar ulang. Jika booking seat anda telah dikonfirmasi oleh Dewan APRDI, maka anda harus menghubungi Dewan APRDI untuk meng-cancel booking anda. Setelah itu, baru anda dapat mendaftar ulang. Harap diperhatikan bahwa “rescheduling” hanya diperbolehkan 2x.

Jika anda sakit atau berhalangan tepat pada hari PPL, rescheduling tidak dapat dilakukan dan anda dianggap hangus

 

Pertanyaan mengenai Registrasi PPL melalui website Dewan APRDI yang sering ditanya oleh APERD

Pertanyaan: Sebagai APERD, langkah awal apa yang harus saya lakukan sebelum saya dapat mendaftarkan Waperd untuk mengikuti PPL?
Jawaban: Semua APERD harus mendaftar terlebih dahulu dan harus dikonfirmasikan oleh Dewan APRDI sebelum APERD dapat menggunakan aplikasi Online Registration.

Caranya adalah masuk ke WAPERD/APERD → Login → Register Here → Pendaftaran Institusi

Setelah mendaftar, harap menghubungi Dewan APRDI agar aktivasi dapat segera dilakukan

 

Pertanyaan : Bagaimana jika Aperd tidak melakukan pembayaran dan tidak melengkapi dokumen ?
 

Jika Aperd tidak melakukan pembayaran dan tidak melegkapi dokumen yang diminta maka 10 hari sebelum hari PPL sistem akan melakukan auto-reject sehingga APERD harus mendaftakan Peserta mengikuti PPL kembali

 

Pertanyaan: Bagaimana jika ingin mencetak ulang kartu ID karena disebabkan pindah institusi, foto salah, nama salah, hilang atau lainnya ?
Jawaban: APERD harus mengisi form cetak ulang kartu ID di menu Permintaan Cetak Ulang ID Card Waperd, kemudian menyerahkan form cetak ulang kartu Id dan bukti pembayaran cetak ulang kartu ID serta menyerahkan kartu ID yang lama ke Dewan APRDI

 

Pertanyaan mengenai Registrasi PPL melalui website Dewan APRDI yang sering ditanya oleh Waperd

Pertanyaan: Bagaimana saya tahu bahwa institusi dimana saya bekerja (APERD) sudah mengaktivasi profile saya ?
Jawaban: Setelah APERD melakukan aktivasi melalui system, maka system secara otomatis akan mengirim email kepada Waperd bahwa profile telah diaktivasi

 

Pertanyaan: Setelah pembayaran dilakukan dan bukti setor/transfer dan Booking Seat diserahkan ke Dewan APRDI, bagaimana saya tahu bahwa saya berhak mengikuti PPL?
Jawaban: Setelah APRDI melakukan rekonsiliasi pembayaran, Dewan APRDI akan mengkonfirmasi pendaftaran Waperd melalui system. System akan secara otomatis mengirim 2 (dua) email : 1 (satu) email kepada Waperd dan 1 (satu) email kepada APERD bahwa pendaftaran terlah dikonfirmasi dan Kartu Tanda Masuk PPL dilampirkan pada email tersebut, Kartu Tanda Masuk PPL harus di-print dan dibawa pada saat datang untuk PPL

 

Pertanyaan: Apa yang harus saya lakukan jika saya pindah institusi (APERD) ?
Jawaban: Anda harus mengganti field APERD di Profile anda dari APERD yang lama ke APERD yang baru. Setelah itu, anda harus menghubungi APERD yang baru untuk mengaktivasi anda sebagai WAPERD di institusi yang baru. Jika username dan password anda lupa, maka anda harus menghubungi Dewan APRDI untuk mendapatkan username dan password anda.

 

Pertanyaan:

Jika saya pindah institusi (APERD), apakah data saya akan hilang ?

Jawaban: Tidak. Data anda sebagai WAPERD tetap ada di website, yang berubah hanya field APERD. APERD yang lama tidak lagi dapat mengakses data anda.

 

Pertanyaan:

Apa yang harus dilakukan jika WAPERD tidak mengikuti PPL sehingga No SK kadaluarsa ?

Jawaban: Anda tinggal mendaftar ujian WAPERD kembali dengan menggunakan akun yang telah ada. Tidak perlu membuat profile  baru, agar history WAPERD anda tetap ada.

 

 

Login
User Name
Password